Perseve Indonesia's Culture

Jumat, 29 Juni 2012

Ringkasan Materi Ekonomi SMA III


INELASTIS SEMPURNA



                                   E=0


UNITER ELASTISITAS


                                   E=1




Kurva Permintaan                                           Kurva Penawaran
     P         D                                                    P                             S

    P1                                                              P2
    P2                                                      
                                                                      P1


       0        Q1  Q1                                            0           Q1     Q2

Faktor yang mempengaruhi permintaan
1.                  Pendapatan konsumen
2.                  Harga barang subsitusi dan komplelemter
3.                  Selera konsumen
4.                  Jumlah pemduduk

Faktor yang mempengaruhi Penawaran
1.                  Biaya produksi
2.                  Kemampuan Perusshaan Berproduksi
3.                  Harapan Perusahaan
4.                  Ketersediaan sumber-sumber produksi


Kurva harga keseimbangan harga.

Pertemuan antara permintaan dan penawaran, terjadilah harga keseimbangan, E adalah titik Equiliberium, P1 Harga keseimbangan, Q1 jumlah barang yang diminta dan yang ditawarkan
 
P  D                                           S



        P1                           E
     



 
            0                         Q1


Pergeseran kurva Penawaran                                      Pergeseran kurva Permintaan

     P     D                      S             S1                       P
                                                                                      D     D1            S
                            E
    P                                                                         P                    E1
    P1                             E1                                                       E
                                                                               P1                     


        0                Q      Q1                                            O         Q     Q2

Pergeseran kurva permintaan dan penawaran, terjadi perubahan dari E ke E1, dari P ke P1 dan dari Q ke Q1
 
     P    D         D1    S          S1

   P1                          E1
   P                 E




        0           Q        Q1

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA


CIRI-CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

1.      Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak
2.      Barang yang diperdagangkan serba sama
3.      Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar
4.      Tidak ada hambatan keluar/masuk bagi setiap penjual
5.      Faktor produksi bebas bergerak
6.      Pemerintah tidak ikut campur dalam proses pembentukan pasar

KELEBIHYAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
1.          Karena biaya tidak terlalu tinggi, bebas membuka dan bebas menutup suahanya
2.          Barang yang tersedia di pasar banyak
3.          Penjual dan pembeli mencapai kepuasan maksimal karena harga terbentuk dari hasil tawar menawar

KELEMAHAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
1.          Penjual tidak berani merubah harga sendiri, sehingga laha yang diperoleh kecil
2.          Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal

CIRI-CIRI KEKUATAN MONOPOLI

1.     Penguasaan atas sumber daya alam

2.     Monopoli bakat karena bawaan yg istimewa dari seseorang
3.     Undang-undang atau ketentuan yg dikeluarkan oleh pemerintah
4.     Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
5.     Tidak ada barang subsitusi
6.     Rintangan sangat kuat untuk masuk kepasar monopoli
7.      Pembeli tidak ada pilihan untuk membeli
8.     Keuntungan terpusat pada satu perusahaan
9.    Harga ditentukan oleh perusahaan

KELEBIHAN PASAR MONOPILI
1.                  Keuntungan penjual cukup tinggi
2.                  Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang banyak biasanya diatur oleh pemerintah

KELEMAHAN PASAR MONOPOLI
1.                  Pembeli tidak da pilihan membeli barang
2.                  Keuntungan terpusat pada satu perusahaan
3.                  Terjadi eksploitasi pembeli

CIRI-CIRI OLIGOPOLI

1.        Terdapat beberapa penjual/produksen yang menguasai pasar
2.        Barang yang diperdagangkan homogen
3.        Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk dalam pasar
4.        Satu diantara para oligopolies merupakan price leader

KELEBIHAN PASAR OLIGOPOLI
1.                  Terdapat sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
2.                  Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
3.                  Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan

 KELEMAHAN PASAR OLIGOPOLI
1.                  Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2.                  Akan terjadi perang harga
3.                  Produsen bisa kerjasama ( Kartel )

CIRI-CIRI PERSAINGAN MONOPOLISTIK

     1.    Terdapat banyak penjual yang berkecimpung dipasar
     2.    Barang yang diperjual belikan merupakan differentiated product
     3.    Para penjual mempunyai kekuatan monopoli atas barang yg diproduksinya
     4.    Setiap penjual aktik melakukan promosi
     5.    Keluar masuk pasar relative sulit dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna
     6.    Terdapat persaingan yang ketat dalam kwalitas dan iklan

KELEBIHAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
1.                  Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
2.                  Memacu kretivitas produsen
3.                  Pembeli tidak mudah pindah  dari produk yang dipakai selama ini

KELEMAHAN PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK
1.                  Biaya mahal kepasar monopolistik
2.                  Persaingan sangat berat



PENETAPAN HARGA MAKSIMUM DAN MINIMUM

§ PENETAPAN HARGA MAKSIMUM

Tujuannnya melindungi konsumen


§ PENETAPAN HARGA MINIMUM

Tujuannya melindungi produsen, seperti petani

 


       Penetapan Harga Minimum                     Penetapan harga maksimu
P2

P1                                                         P1
                                                             P2



     0          Q1      Q2        Q3                    0               Q1  Q2    Q3

TEORI SEWA TANAH DAN TEORI UAPAH TENAGA KERJA

1.      TEORI SEWA TANAH

Teori perbedaan kesuburan tanah oleh DAVID RICARDO

Teori perbedaan letak tanah oleh VON THUNEN

Teori harga derivasi tanah ( harga tanah naik karena dipengaruhi oleh permintaan, misalnya jagung sebagai hasil tanah naik harganya menyebabkan bertambahnya permintaan tanah untuk produksi jagung)


2.      TEORI UPAH

Teori upah alami oleh David Ricardo

Teori upah besi oleh  Ferdinand Lasalle ( pekerja dipaksa untuk menerima upah yang serendah-rendahnya  agar pengusaha dapat untung )

Teori Produktivitas Batas Kerja oleh Clark ( Upah pekerja tidak dapat lebih tinggi dari produktivitas batas pekerja)

Teori upah etika oleh aliran Kristen dan Katolik ( upah diberikan yang layak )


TEORI BUNGA MODAL

Teori Produktivitas oleh JB SAY ( bunga ada krn ada produktivitas )

Teori Pengerbanan oleh MARSHALL ( pemilik mendapat bunga krn mengerbankan dirinya untuk tidak memakai modal tsb.

Teori Agio oleh VON BOHM BAWERK ( Nilai uang sekrang lebih bermanfaat dari pada nilai uang yang akan datang )

Teori Preferensi waktu oleh I FISHER ( bunga dibayarkan krn adanya perbedaan waktu )

Teori Prefernsi Liquiditas oleh JM.KEYNES ( pengerbanan kesenangan memiliki uang liquit, sebagai gantinya pemilik modal diberikan bunga )


USNSUR-UNSUR LABA PENGUSAHA/WIRAUSAHA
  1. Upah wirausaha
  2. Sewa tanah
  3. Bunga modal
  4. Premi resiko

 

 

TEORI LABA PENGUSAHA

§ Teori  Inovasi/Dinamis  oleh Schumpeter ( pegusaha dapat untung karena hasil inovasi )

§ Teori Resiko Usaha oleh Hawley ( Pengusaha mendapat keuntungan karena menanggung resiko )

§ Teori NILAI LEBIH oleh KARL MARK ( penusaha dapat keuntungan karena ada nilai lebih hasil kerja buruh )

§ Teori RESIDU oleh  David Ricardo, ( Pengusaha dapat laba karena adanya TR – TC )

§ Teori FRIKSI oleh J.B. CLARK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar