Perseve Indonesia's Culture

Kamis, 16 Agustus 2012

Ringkasan Materi Ekonomi SMA XIV


KETENAGAKERJAAN
ON THE JOB TRANING
Program latihan yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan bimbingan atasan
OFF THE JOB TRANING
Prpgram pelatihan tenagakerja dengan cara memberikan kursus
PENYEBAB  PENGANGGURAN
1.            Menurunnya permintaan tenaga kerja
2.            Kemajuan teknolog
3.            Kelemahan dalam pasar tenaga kerja
                    i.            Serikat pekerja meminta upah terlalu tinggi
                  ii.            Adanya tunjangan pengangguran menurunkan niat untuk bekerja
                iii.            Asuransi tenaga kerja terlalu berat bagi perusahaan
                iv.            Kurangnya imformasi mengenai lowongan pekerjaan
                  v.            Ketidakmampuan pekerja untuk mencari pekerjaan

JENIS PENGANGGURAN
1.            Pengangguran normal
2.             Pengangguran terselubung
3.            Pengangguran terbuka
a.             Pengangguran Friksional
Cara mengatasi :
1.            Proyek padat kerja
2.            Menarik investor
3.            Pengembagang transmigrasi
4.            Bantuan pinjaman lunak
b.            Pengguran Musiman
Cara Mengatasinya :
1.            Pelatihan keterampilan lain
2.            Mengimformasikan lowongan pekerjaan sektor lain
c.             Pengangguran Konjungtur
Cara mengatasinya :
1.            Meningkatkan daya bekli masyarakat
2.            Mengatur bunga bank agar tidak terlalu tinggi
d.            Pengangguran Struktural
Cara mengatasinya :
1.            Menyediakan lapangan kerja
2.            Pelatihan tenaga kerja
3.            Menarik investor baru
e.             Pengangguran Sukarela ( Voluntary ) – Menganggur karena sukarela –sudah kaya
Cara mengatasinya sama denga pengangguran Friksional
f.             Pengguran Deflasioner ( permintaan tidak seombang dengan penawaran pekerjaan )
                  Cara mengatasinya :
1.            Pelatihan tenaga kerja
2.            Menarik investor baru            
g.            Pengguran teknologi
         Cara mengatasinya :
1.            Pelatihan teknomolgi ( Teknologi dimasukkan ke Kurikulum sekolah )
2.            Pengenalan teknologi sejak dini
3.            Pelatihan tenaga pendidik untuk menguasai teknologi


HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMULAI BISNIS
1.            Tantang apa bisnis yang akan dlakukan
2.            Pasar apa yang  tuju
3.            Apa pasar potensial bagi produk yangdihasilkan
4.            Berapa besar keuntungan yang diharapkan
5.            Berapa banyak modal yang dibutuhkan
6.            Siapa yang akan meminjamkan dana
Rencana Organisasi
7.            Kapan bisnis dibangun
Manajemen
8.            Pengalaman bisnis apa yang dimiliki
9.            Latar belakang orang-orang yang bekerpa pada kita
Produk atau jasa
10.        Penjelasan barang dan jasa yang ditawarkan
11.        Keunikan barang dan jasa yang ditawarkan
12.        Sekilas mengenai pesaingan
13.        Bagaimana rencana pengembangan produk dan jasa
Pemasara
14.        Siapakah yang akan membeli produk
15.        Bagaimana potensinya dimasa lalu dan dimasa depan
16.        Siapa pengaingmu dan bagaimana respon mereka
17.        Bagaimana caca mempromosikan hasil produk
18.        Berapa harga produk
Detail Operasi
19.        Dimana lokasi usaha
20.        Siapa yang akan menyupply
21.        Peralatan apa yang dibutuhkan
Rencana Keuangan
22.        Cash flow
23.        Rencana keutungan  bulanan  dan kerugian selama dua tahun
Masa Depan
24.        Tujuan jangka pendek dan panjang
25.        Jumlah dana yang dibutuhkan
26.        Keuntngan yang diperoleh dari peminjaman uan


Cara Menghitung Koefisien Korelasi
Biaya Iklan ( X )
 ( Rp )
Jumlah Penjualan ( Y )
( Unit )
25
10
15
7
23
9
14
8
13
6





    
Hitunglah Koefisien Korelasi data diatas
JAWAB :

X
Y
XY
25
10
250
650
100
15
7
105
225
49
23
9
207
529
81
14
8
112
196
64
13
6
78
169
36
∑X=90
∑Y=40
∑XY=752
∑X²=1744
∑Y²=330

                  n∑XY – (∑X)(∑Y)

 R = ----------------------------------------

        √n∑X² - (∑X)² √n∑Y² - ((∑XY)²

         5(752) – ( 90 ) ( 40 )
= -------------------------------------------
    √ 5.(1744) – ( 90 ) ² * √ 5.(330) – ( 40 )²

                     3760 - 3600
=  -------------------------------------------
     √ 8720 – 8100 *  √ 1650 – 1600


                          160
= -------------------------------------------
                  620 * √ 50

                           160
 = -----------------------------------------
                    24,90 * 7.07


                           160
= ------------------------------------------ = 0.91
                        176,04

Arti Nilai Absolut dari Koefisien Korelasi
Koefisien Korelasi
Keeratan Hubungan
0.00 – 0.20
Sangat lemah
0.21 – 0.40
Lemah
0.41 – 0.60
Agak lemah
0.61 – 0.80
Kuat
0.81 – 1.00
Sangat kuat






MENGHITUNG  METHODE SETENGAH RATA-RATA

Tahun
Jumlah Permen
1999
15
2000
19
2001
20
2002
25
2003
24
2004
23


Tahun
Jumlah Permen
Semi Total
Setengah rata-rata
Nilai Tren Tengah Tahun
1999
15
15+19+20=54
54/3 = 18
16
2000
19
18
2001
20
20
2002
25
25+25+23=72
72/3 = 24
22
2003
24
24
2004
23
26

_       ∑X
X =  ------
            n

Nilai b dicari dengan rumus :
        ( X2 ) – ( X1 )                               24 – 18            6
B = ---------------------  .  -----à b =    -----------  = ---------=  2
                   n                                               3                 3

Nilai Tren dengan rumus :

Y = a  +  bx         --------------à y = 18 + 2x


Y1999 = 18 + 2 (-1) = 16
Y2000 = 18 + 2  (0)  = 18
Y2001 = 18 + 2 (+1) = 20

Y1999 = 24 + 2 (-1) = 22
Y1999 = 24 + 2 ( 0 ) = 24
Y1999 = 24 + 2 (+1) = 26

Tidak ada komentar:

Posting Komentar